Membaca ebook dengan iPusnas

10.40.00


Guyssss. I wanna tell you something interesting and if you are a book lover or ebook lover, you gonna screaming for this. Last night, i found an app that makes me feelin' amazed.

Halooooo.

Apakah kalian merupakan orang yang gemar membaca? Nah... bagi kalian yang gemar membaca pasti mempunyai hobi untuk mencari-cari buku sebagai bahan bacaan baru. Di era teknologi yang semakin maju sekarang ini buku tidak hanya diperoleh melalui toko buku maupun perpustakaan langsung saja, namun ternyata  aplikasi-aplikasi di smartphone kita dapat menjadikan sarana mencari buku-buku baru dalam bentuk digital atau yang biasa kita sebut 'ebook'

Berawal dari iseng-iseng waktu malam hari yang penuh kegabutan, saya mencoba mengeksplor aplikasi yang berada di playstore. Karena pada waktu itu stok buku saya sudah habis dan tidak mempunyai uang buat beli buku baruuu #miris hehe. Nah waktu nge-explore bertemulah saya dengan aplikasi-aplikasi perpustakaan digital.

Jadi saya memutuskan mendownload aplikasi bernama iPusnas, karena aplikasi ini berada di paling atas pencarian. Yasudah kan yaaa, saya mencoba registrasi dengan sangat mudah! hanya butuh 60 detik saja, apabila koneksi internet kalian stabil yaaaa.

iPusnas sendiri merupakan aplikasi buatan Perpustakan Nasional Republik Indonesia. Perpusnas melihat kenyataan di Indonesia bahwa minat baca pada masyarakat Indonesia cenderung rendah, hal itu berbalik dengan kenyataan tingkat penggunaan smartphone dan internet yang sangat tinggi. Dari  sini, perpusnas mencoba memanfaatkan peluang tingginya penggunaan gadget dan internet terhadap minat atau kegemaran membaca dengan merilis aplikasi perpustakaan digital berbasis perangkat mobile atau yang dapat disebut dengan e-mobile library. Naaah... aplikasi tersebut bernama iPusnas yang dapat diunduh di berbagai smartphone kita, seperti di playstore (android), appstore (iPhone), ataupun di desktop (www.ipusnas.id)


Lanjut sehabis registrasi dan memasukkan username dengan kata sandi, di kolom beranda saya disuguhkan dengan berbagai buku-buku digital. Bak perpustakaan, kita bisa mencari buku yang kita suka dengan memilih sesuai kategori. Kategori yang ada pun cukup lengkap, dari agama, anak, bahasa, arsitektur, ekonomi, psikologi, sosial-budaya, cepen, novel, dll.



Damnnnn..........so gemash. Nahhh dibawah ini contoh tampilan di halaman homenya.


Sehabis itu, saya iseng mencari novel-novel karya tere liye. Karena novel-novel tere liye hanya beberapa yang saya baca, kalau mau beli nunggu uang terkumpul wkwk......................
DAAN... TADA....... ebook yang ditampilkan dari tere liye cukup banyak meskipun tidak lengkap yang saya kira.


Nahhh, selanjutnya kalau sudah menentukan buku apa yang kita pinjam nanti ada tulisan 'borrow' atau 'pinjam' . Sama seperti perpus.. ya namanya juga ala-ala perpus, disini juga terdapat stok ebooknya, namun namanya menjadi 'copy number'. Kalau di copy number hanya 0 copy, kita tidak bisa meminjam ebook yang kita pilih sampai orang lain yang meminjam ebook mengembalikannya . (yaah..sayang sekali ya)

Selain itu, di bagian book detail kita bisa membaca sinopsis terlebih dahulu sebagai pertimbangan apakah kita meminjamnya atau tidak. Dan juga kita bisa memberikan rating dan review terhadap ebook yang kita baca.

Sedangkan kalau kita berhasil meminjam ebook yang kita pilih, maka akan muncul di history kita pada bagian profile seperti pada gambar di bawah ini. DAN TADAAA silahkan baca dan menikmati ebook yang kalian pilih.


Dari segi tampilan saat kita membaca ebook menurutku cukup comfy atau nyaman. Kita bisa mensetting display sesuka kita, seperti transition down, transition to the side, dan transition paper curl. Sedangkan backgroundnya bisa kita setting menjadi white or dark.

Tampilannya kurang lebih seperti ini, kita tinggal menswipe layar touchsreen smartphone untuk berpindah ke halaman selanjutnya.


Saya sendiri cukup suka membaca ebook di aplikasi iPusnas ini. Meskipun menurut saya buku yang disajikan tidak bergitu lengkap, namun bolehlah untuk menambah referensi bacaan. Dari 5 bintang menurut saya aplikasi ini 3,8/5 wkwk.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah kita hanya bisa meminjam perharinya 3 ebook, dan batas peminjaman hanya 3 hari. Setelah itu ebook otomatis akan dikembalikan ke rak semula.

Cukup simple dan mengasyikan bukan membaca ebook di perpustakaan digital seperti ini, bukan?

Selamat menikmati buku-buku di aplikasi iPusnas milik pemerintah RI ini teman-teman. Kita harus bangga karena pemerintah telah bersusah payah membuat aplikasi ini untuk memudahkan kita membaca dan guna meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. iPusnas sangat simple untuk digunakan oleh kita dimana saja dan kapan saja. Saran saya jangan lupa dalam membaca ebook di smartphone kita menggunakan eye protection / blue light filter supaya mata kita tidak rusak saat menatap layar smartphone kita terus-terusan:)

note :

banyak aplikasi - aplikasi penyedia ebook lain seperti ePerpus dan iJakarta yang tampilannya pun mirip dengan iPusnas ini. Namun saya belum melihat koleksi-koleksi dari kedua aplikasi tersebut. Mungkin bisa kalian coba sendiri juga kedua aplikasi tersebut^^

Terimakasih sudah membaca
salam literasi.
Hafni Iva Nuryana


You Might Also Like

5 komentar

  1. Wah baru tau ada aplikasi kayak gini buatan pemerintah! Aku langsung download :D

    Thanks for the info!

    BalasHapus
  2. Wahh sangat menginspirasi sekali. Artikelnya bagus dan pembahasannya lengkap... :)

    Ads:
    Mafia Harga merupakan situs referensi pembahasan harga barang terbaru yang mungkin akan menjadi bermanfaat buat kita semua sebelum membeli produk/barang.
    Cara Cek adalah sebuah situs referensi untuk mengecek kuota, pulsa, nomor, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  3. Saya nyari novel ny tapi kok ga ketemu y ,, gmn cr ny?

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images